Ragam Informasi Seputar Penyakit Stroke

0

Penyakit stroke adalah penyakit yang masuk dalam kategori penyakit pembuluh darah otak yang terganggu atau juga istilah media menyebutnya cerebrovascular. Penyakit ini ditandai dengan tidak berjalannya jaringan otak ini didasari oleh kurangnya pasokan oksigen dan darah menuju otak. Hal yang menyebabkan pasokan darah, dan oksigen yang masuk ke otak kurang, atau tidak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh otak kemungkinan besar akibatnya karena telah terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. Atau juga bisa disebabkan karena pecahnya pembuluh darah yang menuju otak.

Ragam Informasi Seputar Penyakit Stroke

Ragam Informasi Seputar Penyakit Stroke

Secara garis besar penyakit ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu stroke iskemik, dan stroke hemorrhagic. Yang dimaksud dengan stroke iskemik adalah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak, sehingga suplai darah, dan oksigen yang seharusnya menuju otak akan terganggu atau terhambat. Kasus stroke yang terjadi di dunia ini hampir 80% nya adalah stroke jenis iskemik ini.  Dan sebagian besar orang yang terserang stoke iskemik ini mereka yang sudah berumur diatas 50 tahun.

Jenis penyakit stroke yang kedua adalah stroke hemorragik. Yang dimaksud dengan stroke hemorragik adalah pembuluh darah yang menuju ke otak mengalami kebocoran akibat pembuluh tersebut pecah. Stroke jenis ini pula di bagi lagi menjadi dua sub turunan, yaitu hemorragik intraserebral atau pecahnya pembuluh darah terjadinya di otak, dan hemorragik subaraknoid atau pecahnya pembuluh darah pada bagian subarachnoid. Yang dimaksud subaraknoid itu adalah celah kecil antara permukaan otak dengan lapisan yang menutupi otak.

Walaupun berbeda jenis, gejala yang sering muncul pada penderita penyakit stroke sama saja, yaitu seringnya otot mengalami kejang atau kram, lemahnya respon tubuh, hilangnya pendengaran, tidak bisa merasakan rasa, dan juga tidak berfungsinya organ tubuh seperti tangan, kaki, dan persendian. Semua gejala yang disebutkan tadi, adalah gejala umum bagi penderita stroke yang masih pada tahap stadium awal. Dengan mengetahui gejala yang terjadi, maka hendaknya untuk segera mengunjungi dokter apabila merasakan gejala seperti yang disebutkan diatas tadi.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: