Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Lambung

0

Tubuh manusia memiliki berbagai macam sistem. Salah satu sistem yang ada di dalam tubuh manusia adalah sistem pencernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu organ yang memiliki peran penting dalam sistem pencernaan adalah lambung. Organ lambung akan memproduksi suatu senyawa cair atau zat asam untuk menguraikan makanan. Kondisi asam lambung akan mengenali kenaikan maupun penurunan seiring dengan jenis makanan yang masuk. Apabila asam lambung mengalami peningkatan, maka akan berdampak munculnya penyakit asam lambung.

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Lambung

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Lambung

Lambung merupakan organ yang memiliki fungsi untuk mengurai makanan menjadi senyawa yang lebih sederhana. Lambung yang bekerja optimum menjadi jaminan makanan akan dicerna secara maksimal oleh tubuh. Apabila lambung mengalami masalah, maka sistem pencernaan juga akan bermasalah. Seperti yang telah disinggung di awal, bahwa salah satu masalah yang kerap terjadi pada organ pencernaan lambung adalah naiknya asam lambung yang bisa menciptakan kadar asam di dalam tubuh meningkat. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian perut, dada, dan tenggorokan.

Pemicu naiknya asam lambung berkaitan dengan makanan apa yang masuk ke dalam tubuh. Sifat makanan pedas adalah salah satu pemicunya. Kadar pH normal asam lambung adalah 1,5 – 3.5, apabila melebihi kadar normal tersebut gejala yang timbul bisanya rasa sakit yang muncul di bagian perut, dada, dan tenggorokan. Seiring dengan asam lambung yang terus meningkat, rasa nyeri akibat penyakit asam lambung yang ini dikarenakan dorongan gas asam yang ingin keluar dari dalam tubuh manusia.

Untuk mengobati penyakit asam lambung tentu saja tidak boleh sembarangan. Apabila salah dalam mengambil langkah pengobatan dapat memperparah kondisi kesehatan lambung. Cara yang paling tepat untuk mengobatinya ialah dengan banyak minum air putih. Sifat air sebagai pelarut akan membantu proses penguraian makanan di dalam lambung. Lambung akan dibantu oleh air dalam mengurai makanan, sehingga kinerja lambung tidak akan terlalu berat. Selain itu, sifat air yang basa, bisa menurunkan kadar pH asam lambung menjadi normal kembali.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: