Penyakit Vertigo: Pengertian, Gejala dan Pencegahan Vertigo

0

Penyakit vertigo adalah suatu keadaan dimana penderitanya merasa bahwa dirinya seolah-olah merasa berputar. Faktor penyebab vertigo ini bisa dari virus. Selain virus, penyebab vertigo juga bisa diakibatkan oleh adanya trauma kepala, migrain, alkohol, obat-obatan, epilepsi, dan juga terjadinya penurunan sirkulasi darah menuju otak. Vertigo sendiri sebenarnya bukan termasuk penyakit, tetapi juga merupakan gejala dari suatu penyakit dengan penyebab yang bermacam-macam. Seperti namanya, vertigo sendiri berarti berputar.

Penyakit Vertigo: Pengertian, Gejala dan Pencegahan Vertigo

Penyakit Vertigo: Pengertian, Gejala dan Pencegahan Vertigo

Vertigo merupakan gangguan yang sangat menjengkelkan, karena vertigo bisa membuat aktivitas menjadi terhambat. Vertigo sendiri bisa berlangsung hingga beberapa menit, jam, bahkan hingga beberapa hari. Terjadinya vertigo ini biasanya ketika seseorang melakukan perjalanan dalam jarak yang jauh atau pada saat menaiki kendaraan dengan kondisi jalanan yang berbelok-belok. Tak hanya itu saja, sebenarnya vertigo juga bisa disebabkan oleh adanya stres sehingga menyebabkan seseorang mengalami penyakit vertigo. Vertigo sebenarnya bisa timbul dengan tanda-tanda lingkungan sekitar seolah-olah berputar ketika Anda berdiri, berbaring dan dalam kondisi apapun.

Vertigo yang timbul sangat menyiksa, karena kita tidak akan bisa beraktivitas selama vertigo masih menyerang. Bahkan beberapa gejala yang ditimbulkan, seperti keseimbangan tubuh, gerakan dari bola mata hingga terjadinya mual serta muntah. Saat vertigo, biasanya telinga juga terasa seolah berdengung. Untuk itu, pada penderita gangguan ini sebaiknya menjauhi aktivitas seperti bergerak atau berganti-ganti posisi. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda memusatkan perhatian Anda dengan fokus pada satu titik yang bisa meminimalisir rasa mual dan juga rasa ingin muntah.

Vertigo yang menyerang, memang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Namun, jika Anda mengalami vertigo sebaiknya mengobatinya dengan cara mengkonsumsi obat anti vertigo. Bagi penderita vertigo sendiri sebaiknya harus rutin berolahraga untuk melancarkan peredaran darah menuju otak. Sehingga bisa terhindar dari gangguan vertigo ini. Selain itu, bagi penderita sebaiknya harus menghindari banyak pikiran. Berusahalah untuk tetap tenang dan santai agar terhindar dari vertigo. Gejala yang dirasakan penyakit vertigo ini memang hampir sama dengan gejala migrain. Jika vertigo berlangsung lama, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: