Penyakit Kencing Manis Atau Diabetes Melitus Pada Lansia

0

Diabetes melitus pada lansia – Bicara mengenai usia lanjut pada seseorang, tak heran jika pada masa tersebut berbagai penyakit datang dan akhirnya menjadi alasan kesehatan menjadi terganggu dan penyebab kematian. Bagaimana tidak? Pada usia lanjut, tentunya kita memahami bahwa kondisi fisik manusia tidak lagi sama seperti ketika masih muda. Banyak kondisi organ tubuh yang sudah berubah. Sama halnya dengan sebuah mesin yang semakin tua, maka tingkat kinerjanya akan berkurang keefektivitasnya. Begitu pula yang terjadi pada orang usia lanjut. Komplikasi berbagai penyakit terjadi karena organ tubuh tidak lagi bekerja secara optimal seperti dulu.

Penyakit Kencing Manis Atau Diabetes Melitus Pada Lansia

Penyakit Kencing Manis Atau Diabetes Melitus Pada Lansia

Ada banyak sekali penyakit yang menjadi penyebab kematian seseorang pada usia lanjut di Indonesia. Salah satunya adalah penyakit kencing manis atau diabetes melitus. Penyakit ini merupakan kondisi dimana kadar glukosa atau gula dalam darah memiliki jumlah yang tinggi dan berdampak mengganggu kesehatan. Jumlah gula darah yang tinggi tersebut di sebabkan karena sedikitnya jumlah produksi insulin yang dihasilkan oleh organ dalam bernama pankreas sehingga gula darah tak lagi dapat dirubah menjadi energi untuk beraktifitas.

Penyakit gula darah atau diabetes melitus pada lansia pada umumnya terjadi tidak secara tiba-tiba. Bisa saja penderita sudah mengidap penyakit ini pada usia muda namun tidak mengetahui nya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami penyakit ini dan mengecek kadar gula dalam darah dan memastikannya normal. Adapun beberapa penyebab diabetes pada usia lanjut adalah:

  1. Ada nya faktor keturunan
  2. Turunnya kinerja pankreas dalam memproduksi insulin seiring bertambahnya usia
  3. Banyak makan, berat badan naik
  4. Keberadaan penyakit lain yang memancing terjadinya diabetes
  5. Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan

Diabetes pada usia lanjut sangat sering dijumpai. Sekali lagi penyebab terbesarnya karena menuanya berbagai organ dalam tubuh yang berpengaruh secara langsung pada produksi insulin. Insulin sendiri sangat dibutuhkan karena merupakan zat yang di produksi oleh pankreas yang berperan penting dalam merubah gula darah menjadi energi. Namun, Anda tetap dapat mencegahya dengan menjaga pola hidup sehat agar tidak mengidap diabetes melitus pada lansia.

Share.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: