Pentingnya Memeriksa Berat Badan Ideal Bayi Secara Rutin

0

Berapakah sebenarnya berat badan ideal bayi Anda? Pertanyaan ini sangat sering ditanyakan oleh para orang tua, khususnya yang baru saja memiliki bayi. Kekhawatiran orang tua tersebut tentunya sangat beralasan sebab tahun-tahun pertama seorang anak sangat penting. Bayi baru lahir harus memenuhi berat badan tertentu, apabila tidak maka dikhawatirkan bayi mengalami pertumbuhan yang terlambat akibat penyakit yang belum diketahui dengan jelas. Hal tersebut tentu sangat mengerikan. Oleh karena itu, memeriksa berat badan bayi harus dilakukan secara rutin agar perkembangan bayi bisa diketahui normal atau tidak.

Pentingnya Memeriksa Berat Badan Ideal Bayi Secara Rutin

Pentingnya Memeriksa Berat Badan Ideal Bayi Secara Rutin

Berat bayi baru lahir yang normal umumnya adalah 2,5 hingga 3 kilogram. Di bawah 2,5 kilogram, bayi dianggap memiliki berat badan rendah sehingga harus di observasi oleh dokter hingga kondisinya dinyatakan stabil. Berat badan bayi di atas 4 kilogram dianggap obesitas dan dikhawatirkan memiliki masalah kesehatan. Oleh karena itu, asupan makanannya harus benar-benar diperhatikan dan dikonsultasikan dengan seorang dokter anak. Tiga bulan pertama setelah lahir, berat badan bayi bertambah dengan sangat cepat. Jika ketika lahir beratnya adalah 3 kilogram, maka dalam satu bulan berat badannya seharusnya sekitar 3,7 hingga 4 kilogram.

Orang tua dapat mengontrol berat badan ideal bayi dengan rutin membawanya ke posyandu. Di posyandu bayi dapat ditimbang dan diukur tinggi serta lingkar kepalanya. Selain berat badan, tinggi badan dan ukuran lingkar kepala juga penting untuk diketahui pertumbuhannya. Lingkar kepala berhubungan dengan ukuran otak. Apabila otak berkembang secara normal, ukuran lingkar kepala seharusnya juga bertambah setiap bulannya. Angka pertambahan berat, tinggi dan lingkar kepala dicatat dalam kartu khusus dan bisa dilihat grafiknya, apakah bertambah atau menurun.

Grafik dalam kartu posyandu tersebut memiliki tiga warna yaitu hijau, hijau muda dan kuning. Jika pertambahan berat badan bayi berada pada warna hijau, berarti bayi tumbuh secara normal. Jika grafiknya berada pada warna hijau muda, pertambahan berat bayi dianggap terlalu lambat. Sebaliknya jika berada pada warna kuning, pertambahan berat dianggap terlalu cepat. Jadi,berat badan ideal bayi harus berada pada grafik warna hijau.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: