Pengertian Mengenai Diabetes Melitus Tipe 2

0

Diabetes melitus tipe2 – Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang di derita dalam jangka waktu yang panjang. Masih belum ditemukan obat yang dapat secara total menyembuhkan atau menghilangkan penyakit ini dari tubuh seseorang. Yang dapat penderita lakukan biasanya hanya berupa menjaga asupan makanan dengan memperhatikan kandungan pada makanan yang dikonsumsi setiap harinya dan terus minum obat-obatan tertentu yang dapat menekan naiknya kadar gula dalam darah.

Pengertian Mengenai Diabetes Melitus Tipe 2

Pengertian Mengenai Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes dibagi menjadi dua, diabetes melitus tipe pertama dan tipe kedua. Di tahun 2015 ini, penderita diabetes melitus terus meningkat dan usia orang-orang yang menderita penyakit diabetes ini semakin muda. Banyak diantara penderita tersebut mengidap diabetes melitus tipe dua yang memang disebabkan karena gangguan organ bagian dalam. Kadar gula atau glukosa dalam darah manusia masuk ketubuh dari makanan-makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Tubuh manusia membutuhkan energi yang merupakan hasil dari pengolahan glukosa yang diubah oleh hormon insulin. Hormon ini diproduksi oleh organ pankreas yang terletak berdekatan dengan organ hati.

Pada diabetes melitus tipe 2, produksi insulin tidak mencukupi sehingga proses merubah glukosa menjadi energi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Itulah mengapa para penderita diabetes seringkali merasa mudah lelah dan lesu. Hal tersebut disebabkan karena energi tidak dapat dihasilkan dengan baik. Namun ternyata ada juga penjelasan lain mengenai diabetes tipe 2. Selain karena produksi insulin yang tidak mencukupi dan terus mengalami penurunan, diabetes juga dapat disebabkan oleh tubuh yang tidak dapat mendeteksi atau tidak peka terhadap hormon insulin tersebut.

Penderita diabetes melitus biasanya akan mudah sekali merasa lapar dan ingin terus makan. Sedangkan semakin banyak seseorang makan, jumlah glukosa dalam darahnya akan terus meningkat. Anda akan mudah merasa lesu, lelah dan mudah mengantuk. Penderita juga cenderung banyak minum dan juga memiliki berat badan yang berlebih. Namun, ketika menderita diabetes melitus, berat badan akan mengalami penurunan dengan drastis tanpa dilakukan diet atau apapun. Oleh karena itu, jagalah pola hidup yang sehat dengan berolah raga dan makanan sehat untuk menghindari diabetes melitus tipe 2 ini.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: