Pembahasan Gagal Ginjal Kronik Jurnal Untuk Mendasari Pemahaman Tentang Penyakit Gagal Ginjal

0

Pembahasan mengenai gagal ginjal kronik jurnal penelitian memang wajib dikupas tuntas. Hal ini tentunya untuk lebih memahami tentang penyakit gagal ginjal yang menjadi ancaman tersendiri bagi manusia. Gagal ginjal kronis (Chronic Kidney Disease) merupakan kondisi rusaknya ginjal seseorang selama lebih dari 3 bulan. Karena hilangnya fungsi ginjal secara bertahap, maka elektrolit, kotoran dan cairan akan bercampur dalam darah. Pada tahap awal penyakit gagal ginjal kronis, maka Anda akan mengalami beberapa tanda-tanda atau gejala. Penyakit ini tidak akan mudah terdeteksi dengan jelas sampai menunjukkan menurunnya fungsi ginjal dengan signifikan. Umumnya gejala awal gagal ginjal kronis ini hampir sama dengan penyakit ginjal lainnya.

Pembahasan Gagal Ginjal Kronik Jurnal Untuk Mendasari Pemahaman Tentang Penyakit Gagal Ginjal

Pembahasan Gagal Ginjal Kronik Jurnal Untuk Mendasari Pemahaman Tentang Penyakit Gagal Ginjal

Gejala penyakit gagal ginjal kronis sendiri adalah menurunnya mental dengan signifikan, hilangnya nafsu makan, merasa lelah dan lemah, mual-mual dan muntah-muntah, berkurangnya urine ketika buang air kecil, gatal-gatal, otot kejang dan mengalami pembengkakan terutama di area kaki. Gagal ginjal kronik jurnal juga membahas mengenai faktor dan penyebab resiko dari penyakit gagal ginjal kronis. Ada beberapa penyakit yang bisa memicu terjadinya gagal ginjal kronis, seperti lupus, kerusakan pada arteri, vacuities, scleroderma, batu ginjal, diabetes I, diabetes II, pembesaran prostat, kanker ginjal, tekanan darah tinggi, kanker kandung kemih, infeksi ginjal, masuknya urine kembali ke dalam ginjal dan lain sebagainya.

Sementara itu, faktor resiko yang bisa memicu terjadinya penyakit gagal ginjal kronis adalah penyakit jantung, kegemukan atau obesitas, merokok, faktor genetik, memiliki kadar kolesterol tinggi, hipertensi dan diabetes. Biasanya penyakit gagal ginjal ini menyerang seseorang yang sudah berusia 65 tahun ke atas. Adapun untuk mencegah terjadinya gagal ginjal kronis ini adalah menghindari minuman beralkohol, menghindari meminum obat tanpa resep dokter, menjaga berat badan dengan berolahraga teratur, tidak merokok, dan yang terakhir adalah dengan selalu mengecek kondisi kesehatan tubuh ke dokter untuk mengurangi peningkatan resiko penyakit gagal ginjal kronis ini. Ya, dengan gagal ginjal kronis jurnal ini diharapkan agar kita selalu waspada dalam menjaga pola hidup dan pola makan yang dijalani. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit gagal ginjal kronis ini.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: