Menghindari Sakit Maag pada Ibu Hamil

0

Sakit maag pada ibu hamil sering terjadi pada awal kehamilan. Pada hamil muda, tubuh seorang wanita mengalami perubahan hormone yang menyebabkan sering mengalami mual dan muntah. Setiap wanita berbeda, mual dan muntah yang umum di pagi hari atau disebut morning sickness. Tapi ada juga wanita yang mual dan muntah ketika malam hari akan tidur dan pagi hari. Rasa mual dan muntah yang dialami wanita hamil muda inilah yang menyebabkan mereka menjadi malas makan. Padahal saat tersebut janin sangat membutuhkan banyak nutrisi dan gizi untuk pembentukan otak dan syaraf. Jika perut terus dibiarkan kosong tentunya akan menimbulkan masalah baru yaitu sakit maag.

Menghindari Sakit Maag pada Ibu Hamil

Menghindari Sakit Maag pada Ibu Hamil

Produksi hormon progesteron saat hamil dapat meningkatkan asam lambung yang jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan penyakit maag. Untuk para ibu hamil muda usahakan selalu mengisi perut mereka walaupun akhirnya mual dan muntah lagi. Hal ini dilakukan agar perut tidak pernah kosong dan janin selalu mendapat nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangannya. Jika ibu mengalami sakit maag saat hamil tentu ini juga akan berpengaruh pada kesehatan janin. Ibu hamil yang ngidam mengkonsumsi makanan pedas ataupun asam juga dapat memicu peningkatan asam lambung. Jika tidak terkontrol akibatnya asam lambung naik dan terjadilah penyakit maag.

Sakit maag pada ibu hamil harus mendapat penanganan serius. Untuk menghindari sakit maag saat hamil yaitu dengan menghindari beberapa hal. Hal yang terpenting yaitu jangan membiarkan perut sampai kosong. Mengatur pola makan dengan porsi kecil dan frekuensi sering agar janin tetap mendapatkan kebutuhan makannya. Sebaiknya mengunyah makanan sebanyak 32 kali agar memperingan kerja lambung. Kurangi makanan pedas, asam, minuman karbonasi seperti soda, makanan berlemak, dan juga berminyak. Makanan tersebut akan memicu lambung meningkatkan asam lambung. Anda juga sebaiknya menghindari stress, karena stres dapat merangsang sel-sel lambung memproduksi asam berlebih.

Hal lain yang perlu dihindari saat sakit maag pada ibu hamil yaitu sebaiknya setelah makan Anda jangan tiduran. Anda dapat duduk sebentar selama beberapa menit agar asam lambung tidak berbalik ke tenggorokan. Pakailah pakaian yang longgar sehingga perut tidak tertekan dan rasa eneg dan penuh dapat dihindari. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai masalah obat maag yang tepat untuk ibu hamil. Hindari meminum obat maag sembarangan karena obat maag orang hamil dan tidak tentu berbeda. Atau Anda juga dapat meminum sari kunyit untuk melegakan perut dan mengurangi rasa enek dan mual. Kehamilan akan lebih nyaman untuk dijalani saat Anda terhindar dari sakit maag. Selalu menjaga pola makan dan asupan nutrisi agar Anda terhindar dari penyakit ini ya bunda.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: