Mengenali Penyakit Liver dan Gejalanya

0

Sebagai orang yang peduli terhadap kesehatan, Anda perlu mengetahui tentang penyakit liver dan gejalanya. Penyakit liver atau dikenal dengan sebutan penyakit hepatitis merupakan penyakit yang menyerang fungsi hati. Penyakit ini bisa disebabkan oleh virus hepatitis dan sebab kebiasaan mengonsumsi alkohol serta konsumsi obat-obatan kimia yang berlebihan sehingga menyebabkan peradangan pada hati. Jika penyebab penyakit ini disebabkan oleh virus maka segera lakukan pengobatan, terlebih jika yang menyerang adalah hepatitis B dan C. Hal ini akan sangat berbahaya karena penyebaran kedua jenis virus tersebut melebihi AIDS.

Mengenali Penyakit Liver dan Gejalanya

Mengenali Penyakit Liver dan Gejalanya

Betapa berbahayanya penyakit hepatitis karena jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Sebaiknya Anda mengenali gejala-gejala penyakit hepatitis ini karena jika Anda sudah mengenalinya maka jika Anda terserang bisa langsung ditangani. Berikut ini gejala-gejala hepatitis. Gejala pertama ialah mudahnya Anda kehilangan selera makan dan sering muntah-muntah. Jika Anda mudah merasa kelelahan dan tidak semangat, bisa jadi ini adalah gejala hepatitis. Hal yang paling nampak adalah perubahan warna selaput mata dan kulit menjadi kuning. Bahkan, gairah seks mengalami penurunan serta perut bagian kanan atas sering terasa nyeri.

Penyakit liver dan gejalanya yang lain adalah warna urin menjadi coklat, berat  badan turun drastis,  mengalami pegal-pegal, otot  sering terasa sakit, dan sering mengalami demam meski ringan, sering buang air besar (BAB) dan kadar gula dalam darah rendah. Tanda-tanda tersebut harus Anda perhatikan betul karena sering kali kita tidak menyadari gejala awalnya.  Sering kali kita menyepelekan gejala ringan seperti pegal-pegal, demam ringan, muntah dan lain-lain sehingga dianggap penyakit ringan biasa. Tanda yang paling jelas dan bisa menjadi indikasi adalah warna selaput mata dan kulit menjadi kuning serta warna urin menjadi coklat.

Memang tepat sekali ungkapan “lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Anda bisa melakukan pencegahan penyakit hepatitis dengan melakukan pola hidup sehat. Hindari minum-minuman beralkohol, rokok. Hindari makanan yang mengandung racun atau zat kimia berlebihan. Selain itu, jangan mengonsumsi obat-obatan kimia secara berlebihan, misal obat tidur. Jagalah kebersihan makanan Anda dengan selalu mencucitangan dan mencuci makanan sebelum dikonsumsi. Itulah penjelasan mengenai penyakit liver dan gejalanya.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: