Mengenal Penyebab Penyakit TBC Kelenjar Pada Manusia

0

Penyebab penyakit TBC kelenjar – Kesehatan merupakan satu hal yang sangat penting untuk di jaga. Apabila kesehatan Anda sampai terganggu, maka terganggu lah segala macam aktifitas Anda. Selain itu, sakit juga akan membuat keseharian Anda menjadi tidak nyaman. Terlebih lagi bagi Anda yang terserang penyakit yang cukup parah dan kronis sehingga Anda tidak lagi dapat beraktifitas secara normal seperti banyak orang pada umumnya.

Mengenal Penyebab Penyakit TBC Kelenjar Pada Manusia

Mengenal Penyebab Penyakit TBC Kelenjar Pada Manusia

Bicara mengenai penyakit dan berbagai gangguan kesehatan pada manusia, ada berbagai jenis penyakit yang terbilang cukup parah dan sangat sulit untuk di atas. Salah satunya adalah penyebab penyakit TBC kelenjar. TBC atau tubercolosa merupakan penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri atau virus bernama bakteri tubercolosa pada tubuh manusia. Meskipun banyak diantara Anda mengenal TBC sebagai penyakit yang berpusat pada pernafasan, yaitu menyerang paru-paru manusia, namun TBC juga dapat menyerang bagian tubuh lainnya. Misalnya kelenjar getah bening di bagian leher, usus, hati, dan organ tubuh manusia lainnya. Artikel kali ini akan mengupas lebih lanjut mengenai penyebab penyakit TBC kelenjar getah bening yang terjadi pada manusia.

Seperti yang telah dibahas pada paragraf sebelumnya, TBC disebabkan oleh serangan virus tubercolosa pada bagian tubuh tertentu. Penyebab penyakit TBC kelenjar pun demikian, yaitu karena serangan virus di bagian kelenjar getah bening manusia. Penularannya dapat melalui udara yang dihirup seseorang yang ternyata mengandung virus TBC. Ada beberapa gejala penyakit TBC kelenjar getah bening yang patut Anda perhatikan supaya Anda dapat mendeteksi penyakit ini sejak dini.

  1. Diawali dengan demam yang cukup tinggi dalam jangka waktu yang lama.
  2. Muncul benjolan pada beberapa area kelenjar seperti leher, dan ketiak.
  3. Benjolan semakin besar dan menimbulkan rasa nyeri semakin hari.
  4. Pada hari ke sekian, benjolan dapat memecah dan mengeluarkan cairan bening tak berbau.
  5. Benjolan tersebut bersifat merusak anggota tubuh dan kemudian berbentuk luka.
  6. Luka yang timbul sangat sulit diobati dan tampilannya cukup ngeri.

Tentunya dengan beberapa gejala TBC kelenjar di atas, Anda tak ingin bukan mengalaminya? Supaya Anda tidak terserang penyakit ini, Anda harus menjauhi penyebab penyakit TBC kelenjar dengan beberapa cara. Misalnya dengan menjauhi penderita TBC aktif agar tidak terkena virusnya. Penting juga bagi Anda untuk menjaga gaya hidup Anda supaya Anda memiliki kualitas daya tahan tubuh yang bagus. Ada pula jenis vaksin khusus untuk menghindari terjangkitnya virus ini dengan menggunakan vaksin BCG anti virus tubercolosa. Demikian informasi untuk Anda, semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: