Makanan Diet Diabetes Melitus

0

Mengontrol kadar gula darah adalah hal yang harus diperhatikan oleh pasien diabetes melitus. Hal ini sangat diperlukan karena penyakit diabetes merupakan gangguan sistem penghasil hormon insulin pada tubuh. Sehingga, kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan resiko berbahaya bagi pasien diabetes melitus. Cara mengontrol tekanan gula darah pada tubuh selain menggunakan obat dari resep dokter juga bisa didukung dengan makanan diet diabetes. Cara diet yang aman dan tepat bagi penderita diabetes adalah dengan mengatur menu makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi. Sebab, banyak jenis makanan tertentu yang mengandung kadar gula tinggi yang harus dihindari.

Makanan Diet Diabetes Melitus

Makanan Diet Diabetes Melitus

Nah, berikut adalah pola makan bagi penderita diabetes yang bisa Anda ikuti:

  1. Karbohidrat

    Makanan Diet Diabetes Melitus

    Makanan Diet Diabetes Melitus

Penderita diabetes melitus harus memilih jenis sumber makanan yang rendah kadar gulanya, sebab pada beberapa jenis makanan mengandung kadar karbohidrat tinggi. Kandungan tersebut jika dikonsumsi akan diserap menjadi zat gula tinggi sehingga harus dihindari. Jenis makanan yang tepat untuk diabetes tersebut antara lain adalah beras merah, sereal, oat dan ubi. Makanan diet diabetes melitus ini memiliki kandungan glukosa lebih rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Sedangkan yang harus dihindari antara lain adalah kentang, beras putih, roti tawar dan sebagainya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung glukosa tinggi dapat beresiko menaikkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus.

  1. Sayur dan buah

    Makanan Diet Diabetes Melitus

    Makanan Diet Diabetes Melitus

Penderita diabetes melitus juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi berupa protein, vitamin yang didapatkan dari sayur dan buah. Pada beberapa jenis buah dan sayur mempunyai kandungan karbohidrat tinggi sehingga harus dihindari. Sayur dan buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi adalah brokoli, bayam, buncis, paprika, selada kacang panjang. Sedangkan jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes adalah apel, jambu biji, buah naga dan manggis. Penderita diabetes harus menghindari buah seperti nangka dan durian. Dari beberapa contoh diatas semoga para penderita diabetes melitus bisa mempunyai panduan menu yang tepat dan aman untuk diet. Sehingga, makanan diet diabetes tersebut tidak beresiko menaikkan kadar gula pada darah.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: