Kenali Penyakit Diabetes Melitus Lebih Dalam

0

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang diakibatkan kadar gula dalam darah yang tinggi. Tingginya kadar gula dalam darah dapat disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya yaitu karena kinerja insulin yang terganggu ataupun kurangnya insulin di dalam tubuh. Penderita penyakit ini memiliki tubuh yang tidak dapat memproduksi insulin dengan baik. Hal tersebut mengakibatkan kandungan kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Penyakit diabetes ini cukup berbahaya karena dapat menyerang siapa saja dari segala usia.

Kenali Penyakit Diabetes Melitus Lebih Dalam

Kenali Penyakit Diabetes Melitus Lebih Dalam

Diabetes melitus dibagi menjadi beberapa tipe, diantaranya yaitu diabetes melitus tipe 1, tipe 2 dan diabetes melitus gestasional. Untuk diabetes melitus tipe 1 umumnya dialami oleh orang yang berusia di bawah 30 tahun. Sedangkan diabetes melitus tipe 2 gejalanya akan terlihat ketika berusia 30 tahun ke atas. Untuk diabetes melitus gestasional sendiri merupakan diabetes melitus yang dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil memiliki risiko terkena diabetes melitus akibat gangguan toleransi zat glukosa pada tubuhnya. Oleh sebab itu, untuk Anda yang sedang hamil sebaiknya atur pola makan Anda dan terapkan pola makan sehat.

Pola makan dan pola hidup yang tidak sehat memang dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus. Terutama untuk Anda yang berusia 30 tahun ke atas, risiko terkena penyakit diabetes ini cukup tinggi. Ada banyak faktor penyebab Anda terkena penyakit diabetes ini, diantaranya yaitu faktor genetik, usia, lingkungan, obesitas dan kurang aktivitas fisik. Untuk Anda yang menderita penyakit ini sebaiknya segera melakukan pengobatan agar tidak membahayakan kesehatan. Kenali juga gejala penyakit ini sejak dini agar dapat mengetahuinya dan segera melakukan pengobatan.

Berikut ini merupakan gejala diabetes melitus tipe 2 yang dapat Anda ketahui:

  • Rasa haus berlebihan
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari
  • Nafsu makan meningkat
  • Berat badan menurun secara tiba-tiba

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera mengecek kondisi kesehatan Anda ke dokter. Jangan sampai penyakit ini membahayakan kesehatan Anda karena telat diobati. Terapkan juga pola makan dan pola hidup sehat agar tidak mudah terkena penyakit diabetes melitus.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: