Inilah Pengertian, Penyebab dan Gejala Diabetes Mellitus Gestasional

0

Diabetes mellitus gestasional atau DMG merupakan salah satu jenis diabetes mellitus yang terdiagnosa pada wanita hamil yang sebelumnya tidak pernah didiagnosis memiliki penyakit diabetes. Jadi, kenaikan kadar glukosa darah ini hanya berlangsung selama kehamilan dan akan kembali normal setelah melahirkan. Biasanya pada wanita hamil, terutama di usia kandungan di atas 6 bulan akan menunjukkan tingkat glukosa dalam darah meningkat hingga melebihi batas normal. Ya, meskipun diabetes gestasional ini akan kembali normal setelah melahirkan namun tetap harus diobati dan ditangani dengan baik. Hal ini untuk mencegah resiko peningkatan diabetes tipe 2 yang terjadi setelah beberapa tahun setelah kelahiran.

Inilah Pengertian, Penyebab dan Gejala Diabetes Mellitus Gestasional

Inilah Pengertian, Penyebab dan Gejala Diabetes Mellitus Gestasional

Adapun penyebab diabetes mellitus gestasional ini dikarenakan insulin tidak bisa bekerja dengan normal. Kinerja dari insulin sendiri untuk menjalankan fungsinya terhalang akibat hormon kehamilan. Sehingga kadar gula dalam darah atau glukosa meningkat. Penyebab diabetes gestasional sendiri hampir sama dengan diabetes mellitus tipe 2. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang rentan terhadap penyakit ini, sebagai berikut:

  1. Faktor keturunan, dimana keturunan sebelumnya pernah mengidap diabetes
  2. Saat hamil berusia 25 tahun ke atas
  3. Memiliki berat badan tinggi sebelum hamil
  4. Memiliki tekanan darah tinggi
  5. Memiliki riwayat melahirkan bayi dengan berat badan melebihi 4 kg

Umumnya gejala diabetes gestasional ini tidak menunjukkan gejala yang nampak, adapun gejalanya sama seperti yang biasa dialami oleh wanita hamil. Adapun gejala yang ditimbulkan bagi penderita diabetes gestasional ini adalah:

  • Perasaan yang lelah
  • Pandangan terasa kabur
  • Sering mengalami infeksi di kulit, daerah luka dan vagina
  • Mual-mual hingga muntah
  • Sering mengalami buang air kecil
  • Dehidrasi atau selalu merasa haus, dan
  • Turunnya berat badan meskipun nafsu makan meningkat

Namun, jangan pernah menyepelekan penyakit GDM ini, karena jika tidak ditangani bisa membahayakan kesehatan pada ibu maupun janin yang dikandungnya. Adapun resiko yang dialami oleh bayi apabila mengidap penyakit GDM ini meliputi, penyakit jantung bawaan, kelainan sistem saraf pusat, dan berat badan bayi di atas normal. Nah, itulah pembahasan secara lengkap mengenai pengertian, penyebab dan gejala diabetes mellitus gestasional.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: