Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit TBC

0

Penyakit TBC atau disebut juga tuberkulosis merupakan sebuah penyakit yang menyerang saluran pernafasan yang diakibatkan oleh bakteri. Bakteri yang menyebabkan TBC ini bisa disebut bakteri basil yang paling kuat, sehingga penyakit ini membutuhkan waktu yang lama untuk mengobatinya. Bakteri ini umumnya menginfeksi organ paru-paru, meskipun bisa juga menyerang bagian tubuh lainnya pada manusia. TBC bisa menyebar atau menular melalui kontaminasi udara terutama ketika seorang penderita TBC mengalami batuk-batuk dan bersin-bersin secara aktif. Penularan penyakit ini biasanya menyebar melalui butiran ludah penderita pada udara. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini biasanya ditandai dengan batuk berdahak yang terus menerus hingga tiga pekan bahkan lebih.

Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit TBC

Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit TBC

Adapun gejala lainnya dari penyakit TBC ini adalah timbulnya dahak yang bercampur dengan darah, dada terasa sesak dan nyeri, timbulnya demam atau meriang hingga sebulan lebih, badan menjadi letih dan lesu, berkeringat di malam hari, terjadinya penurunan berat badan secara drastis dan nafsu makan menurun. Penyakit yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberkulosis ini selain menyerang paru-paru, juga bisa menyerang usus, ginjal, tulang, otak hingga kelenjar getah bening. Bahkan, TBC bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Penyakit ini bisa menyerang seseorang terutama pada orang yang memiliki ketahanan tubuh yang kurang, atau kurang gizi, serta pada orang yang seringkali menghirup udara yang kotor.

Untuk mengetahui penyakit ini, biasanya dokter akan mendiagnosa setelah melakukan pemeriksaan fisik pada dada, kemudian pemeriksaan berupa rontgen dada, serta tes laboratorium untuk darah dan dahak. Orang yang mengalami penyakit ini biasanya harus menjalankan pengobatan hingga 6-9 bulan lamanya dengan paling sedikit 3 jenis obat. Penderita TBC harus meminum obat secara rutin dan melakukan kontrol secara teratur agar penyakit sembuh total. Sehingga membutuhkan kesabaran dan ketekunan bagi penderitanya untuk mengkonsumsi obat, terutama ketika menjelang 3 pekan saat gejala-gejala TBC akan menghilang yang menyebabkan penderita menjadi malas mengkonsumsi obat. Oleh karena itu, bagi pasien penyakit TBC ini harus melakukan pengobatan secara tuntas agar penyakit ini sembuh total.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: