Ciri-ciri Penyakit Jantung Yang Harus Diketahui

0

Jantung merupakan organ vital yang ada di tubuh manusia. Diibaratkan handphone jantung adalah baterainya, apabila daya baterai habis maka handphone tersebut tidak bisa digunakan karena mati kehabisan daya. Begitu pula dengan jantung, apabila jantung berhenti, maka selesai sudah kehidupan di dunia. Mengingat pentingnya organ jantung, maka wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan jantung. Apabila menemui ciri-ciri penyakit jantung, maka harus segera menghubungi dokter. Jangan sampai menganggap remeh suatu bentuk gejala dari penyakit jantung sekecil apapun itu.

Ciri-ciri penyakit jantung yang pertama adalah sesak nafas. Terganggunya aliran pernafasan ini dikarenakan ada cairan yang masuk ke dalam paru-paru. Biasanya gejala ini akan timbul pada saat akan tidur malam. Jadi, bagi mereka yang mengalami ciri-ciri seperti ini, bisa dikategorikan masuk ke dalam penderita penyakit jantung tingkat lanjut, yang harus sesegera mungkin berobat ke dokter. Dengan terganggunya pernafasan, maka organ jantung akan kekurangan suplai darah. Dan ciri yang pertama ini akan mempengaruhi munculnya ciri-ciri gejala penyakit jantung lainnya.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa ciri pertama diatas akan mempengaruhi munculnya gejala baru seperti merasa pusing hebat, dan bahkan bisa sampai tidak sadarkan diri. Apabila seseorang mengeluhkan dirinya sering merasa sakit kepala hingga bisa membuatnya tidak sadarkan diri. Karena suplai darah ke jantung berkurang drastic, maka dengan sendirinya otot jantung akan melemah, dan bahkan menjadi kaku. Dengan demikian, kinerja jantung dalam memompa darah yang dibutuhkan oleh tubuh akan sangat terganggu, khususnya bagian kepala yang notabene bagian teratas dari tubuh.

Ciri-ciri penyakit jantung yang ketiga adalah jantung sering berdebar lebih kencang. Berdebar kencang disini bukan karena meningkatnya hormone adrenal, melainkan jantung berdebar lebih kencang dengan sendirinya. Berbeda dengan jantung normal yang akan berdebar lebih kencang apabila tubuh merasakan sesuatu hal yang dianggapnya memacu adrenalin. Gejala semacam ini harus diwaspadai, karena biasanya jantung yang berdebar lebih kencang tanpa sebab akan segera kehilangan kekuatan untuk terus bekerja sebagaimana mestinya.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: