Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Secara Umum

0

Kita tentu sering mendengar mengenai penyakit ginjal. Ya, ginjal merupakan salah satu organ manusia terpenting yang sangat berperan dalam kelangsungan hidup manusia. Gangguan ginjal sendiri menjadi salah satu penyakit yang berbahaya apabila tidak segera ditangani. Gangguan ginjal biasanya terjadi secara tiba-tiba dan patut diwaspadai oleh kita semua. Meskipun gangguan ginjal memiliki tanda-tanda, namun gejala tersebut seringkali tidak terlihat karena gejala gangguan ginjal biasa disebut sebagai silent disease. Gangguan ginjal bisa terjadi sewaktu-waktu, bahkan bisa terjadi ginjal kronis dan akut apabila tidak dilakukan pengecekan atau pemeriksaan secara dini. Dengan peranannya yang cukup penting, mungkin kita sudah membayangkan bagaimana jika terjadi gangguan ginjal yang kronis? Ya, gangguan ginjal bisa mengganggu metabolisme tubuh.

Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana ciri-ciri penyakit ginjal berikut ini penjelasannya:

  1. Terjadinya penurunan berat badan dan berkurangnya nafsu makan

Salah satu tanda dan gejala seseorang terkena gangguan ginjal adalah berkurangnya nafsu makan sehingga terjadi penurunan berat badan yang drastis. Oleh karena itu, Anda harus menambah nafsu makan agar tidak terserang gangguan ginjal.

  1. Timbul pembengkakan pada tangan, kaki dan pergelangan kaki

Saat ginjal mengalami gangguan, maka akan menyebabkan ginjal kurang berfungsi seperti biasanya sehingga hasil ekskresi yang harusnya bisa dibuang. Namun, ketika fungsi ginjal tidak berperan sebagaimana mestinya, maka sisa cairan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan membangun ruang dalam tubuh yang akhirnya menimbulkan pembengkakan pada kaki, tangan maupun pergelangan kaki.

  1. Sesak nafas dan kelelahan

Ketika terjadi gangguan pada ginjal yang berdampak ginjal tidak dapat berperan dengan baik sehingga hormon erythropoietin yang dihasilkan ginjal tidak berfungsi dengan baik. Dimana fungsi hormon tersebut membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Karena fungsi ginjal berkurang, maka berkurang pula lah produksi hormon erythropoietin untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Hal ini menyebabkan penderita merasakan kelelahan hingga sesak nafas karena kekurangan oksigen.

Itulah ciri-ciri penyakit ginjal secara umum. Jika Anda mengalami tanda atau gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: