Apa Gejala dan Penyebab penyakit TBC Pada Anak?

0

Penyebab penyakit TBC pada anak yang paling utama adalah disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang paru-paru yaitu Mycrobacterium tuberculosis. TBC pada anak berbeda dengan tuberculosis pada orang dewasa. TBC sendiri sangat mudah menular dari orang tua ke anak, namun tidak menular dari anak ke anak lainnya. Kita ketahui, bahwa anak-anak memiliki ketahanan tubuh yang kurang dibandingkan orang dewasa. Sehingga penularan TBC pada anak sendiri cenderung lebih mudah melalui udara. Gejala TBC pada anak sendiri lebih sulit didiagnosis, ketimbang gejala TBC pada orang dewasa. Bahkan, tak jarang sering terjadi salah diagnosis dikarenakan gejala yang terjadi bisa merupakan gejala dari penyakit lain.

Apa Gejala dan Penyebab penyakit TBC Pada Anak?

Apa Gejala dan Penyebab penyakit TBC Pada Anak?

Serangan TBC pada anak rawan mengganggu organ selain paru-paru, khususnya otak. Sehingga dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Tuberkulosis pada anak sendiri biasanya menyerang pada mata, tulang, dan juga otak. Biasanya gejala yang umumnya sering timbul adalah demam yang terlalu tinggi kadang muncul dan hilang pada jangka waktu yang lama. Berdasarkan penyebab penyakit TBC pada anak sendiri, gejala yang ditimbulkan seperti, hilangnya nafsu makan, pembesaran kelenjar limfa yang tidak sakit, batuk yang lama lebih dari tiga minggu, dan lain sebagainya. Nah, bila anak mengalami gejala-gejala tadi sebaiknya segera bawa ke Puskesmas atau dokter anak. Hal ini agar penyakit TBC bisa segera ditangani.

Pengobatan anak yang menderita penyakit TBC sama dengan pengobatan pada orang dewasa dengan melakukan pengobatan selama 6 bulan. Untuk mengobati tuberkulosis pada anak sendiri, tidak cukup dengan pengobatan semata tetapi juga peningkatan gizi yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Biasanya, penularan terjadi akibat kontaminasi kuman yang berasal dari reaksi bersin-bersin atau batuk yang keluar lewat udara. Bahkan partikel-partikel bakteri ini bisa bertahan di udara bebas selama 1-2 jam. Tak hanya itu, jika dalam kondisi lembab dan gelap maka kuman bisa bertahan berhari-hari hingga berbulan-bulan. Nah, jika infeksi ini terhirup oleh anak-anak dalam keadaan sehat, maka akan menempel pada paru-paru. Itulah perjalanan penyebab penyakit TBC pada anak.

Share.

Leave A Reply

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: